Wakapolres Blitar Kota Hadiri Ziarah Makam Bung Karno di Blitar Jelang Hari Jadi Jatim Ke-78 Bersama Gubernur Khofifah

Wakapolres Blitar Kota Hadiri Ziarah Makam Bung Karno di Blitar Jelang Hari Jadi Jatim Ke-78 Bersama Gubernur Khofifah

Newsjatim.com,11/10/2023,Blitar,Dalam rangka memperingati Hari Ulang Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78, berbagai pihak menghadiri upacara ziarah makam dan tabur bunga di Makam Presiden Pertama RI Soekarno,di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Rabu (11/10/2023)

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K, yang diwakili Wakapolres Blitar Kota Kompol Yoyok Dwi Purnomo, menjadi salah satu tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. Ia bergabung dengan sejumlah Forkopimda Blitar Raya.

Prosesi ziarah berlangsung khidmat dengan didahului pembacaan biografi singkat dan kiprah perjuangan Bung Karno.

Sebelum melakukan tabur bunga, Gubernur Khofifah turut mengajak seluruh peserta ziarah untuk mengheningkan cipta dan juga berkirim doa dengan dipimpin oleh Juru Kunci Makam di pusara makam Bung Karno.

Gubernur Khofifah menyampaikan tradisi ziarah makam ini dilakukan dalam rangka jelang peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-78.

Dimana sehari sebelumnya Gubernur Khofifah juga melakukan ziarah ke makam Gubernur Pertama Jatim Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo di Magetan. Selain juga dilakukan ziarah ke makam Gubernur Jatim Masa Bakti 1967-1976 Raden Panji Mohammad Noer.

Menurut Khofifah, ziarah ini merupakan sebuah cara untuk memanggil kembali memori tentang perjuangan, pengorbanan dan referensi keteladanan sosok Bung Karno.

“Apalagi saat seperti sekarang memori kita, bagaimana teladan perjuangan Bung Karno mengajak seluruh dunia untuk memberikan pengakuan kemerdekaan terhadap Palestina. Hari ini rasanya memori kita dipanggil oleh sang Proklamator untuk memberikan penguatan kemanusiaan, perdamaian dan kemerdekaan sebuah bangsa,” kata gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Khofifah juga mengutip semboyan yang disampaikan oleh Bung Karno pidatonya di Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966.

“Bung Karno seringkali mengingatkan Jasmerah (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah). Ini penting untuk kita pedomani. Jangan sampai melupakan sejarah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan termasuk Bagaimana bisa meraih kemerdekaan Republik Indonesia,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan yang telah didapatkan Indonesia dengan hal-hal yang produktif.

“Kita harus isi kemerdekaan ini dengan sesuatu yang produktif dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat bangsa dan negara. Karena dengan begitu Indonesia bisa hadir memberikan warna kepada bangsa-bangsa dunia tentang kemanusiaan perdamaian dan kemerdekaan sebuah bangsa,” pungkasnya

Tak hanya ziarah, dalam kesempatan ini Gubernur Khofifah juga turut menyerahkan tali asih kepada juru kunci makam Bung Karno yakni Juni Purnomo dan Eko Budi Santoso serta delapan orang petugas kebersihan makam.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga memberikan bantuan 500 paket sembako yang secara sonbolis diserahkan kepada perwakilan warga sekitar, pedagang dan tukang becak sebanyak 50 orang.

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres Blitar Kota Kompol Yoyok Dwi Purnomo menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 78.

“Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 78. Kami TNI dan Polri di Kota Blitar selalu mendukung program pembangunan di Jatim dengan menciptakan Kamtibmas aman, tertib dan kondusif,” ujarnya