Toko Modern Menjamur, Ekonomi Pedagang Kecil Ajur.

Hallo Mas bup

Newsjatim.com//Kediri,Senin 26/06/2023 Menjamurnya keberadaan toko modern di Kabupaten Kediri, Jawa Timur secara pelan dan pasti mematikan roda perekonomian masyarakat Kecil yang menggantungkan hidupnya di Pasar Tradisional ataupun Toko Kelontong. 

Sangat disayangkan seiring bertumbuhnya toko modern tidak dibarengi proses perizinan yang berpihak kemasyarakat, pasalnya sering nampak Toko Modern berdekatan Dengan Pasar Tradisional.

Selain itu, keberadaan toko modern ini jika tidak dibatasi juga akan mematikan keberadaan pasar tradisional hingga toko kelontong yang notabene merupakan pusat perekonomian masyarakat kelas bawah akan kalah saing dengan toko Modern.

Salah satu pemilik toko kelontong didekat Pasar ngadiluwih dikonfirmasi awak media ini mengungkapkan kesedihannya ” Sepi mas, sehari paling banyak pembeli cuma 10 orang penghasilan tak menentu jelasnya singkat.

Sementara itu menjamurnya Toko Modern Dikabupaten Kediri menjadi Sorotan Lsm Gerak Indonesia.

Cekly Kepala Bidang Investigasi LSM Gerak Indonesia mengatakan kami meminta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Satpol PP Kabupaten Kediri untuk menelaah dan mengkaji lebih jauh keberadaan toko modern

Kami minta kepada DPMPTSP untuk menelaah, dari sekian toko modern yang sudah menjamur ini apakah proses untuk pendirian bangunannya itu sudah terpenuhi atau belum dan terkait ijin ijinnya.

Cekly menambahkan kami juga meminta, Satpol PP untuk turun ke lapangan, memastikan Peraturan Daerah (Perda) serta Peraturan Bupati (Perbup) sudah dilaksanakan oleh masyarakat yang mendirikan bangunan toko modern.

“ kami berharap dinas terkait lainnya yang mempunyai kewenangan untuk melakukan penegakan Perda dalam hal ini Satpol PP harus melihat apakah toko-toko modern yang menjamur ini dan dengan mudahnya Pemilik Modal mendirikan usaha ini sudah sesuai Perda apa belum.

Jangan sampai adanya toko modern mematikan ekonomi masyarakat kecil “Ini harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, kalau semuanya dikuasai oleh pemilik modal, kasihan masyarakat,” tegas cekly.