RUMAH ZAKAT DAN KEMENTERIAN RI ADAKAN PANEN RAYA SALAK PONDOH DI BANJARNEGARA

Newsjatim.com// BANJARNEGARA. Rumah Zakat bekerja sama dengan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Panen Raya Salak Pondoh di Kelompok Tani Ngudi Slamet, Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, hari Sabtu, 16 Desember 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pembiayaan Kementerian RI, CPO Rumah Zakat, dan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara.
Kelompok Tani Ngudi Slamet, yang merupakan salah satu poktan binaan Rumah Zakat, memiliki 44 anggota dan potensi panen salak mencapai 220 ton dalam satu tahun.

Kementerian Pertanian, melalui perwakilan yang hadir, menyatakan komitmennya untuk terus mendukung inisiatif-inisiatif yang bertujuan memajukan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani. “Kerjasama dengan organisasi kemanusiaan seperti Rumah Zakat merupakan langkah strategis dalam mewujudkan pertanian yang berkelanjutan,” ujar Siswoyo,SP,MP Kapoksi Asuransi dan pemberdayaan permodalan Kementerian pertanian RI.

CPO Rumah Zakat Bapak Muhammad Sobirin M.Mpd juga menggarisbawahi peran penting kerjasama antara lembaga non-pemerintah dan pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan di daerah “Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian dalam mengadakan acara ini. Ini adalah langkah nyata dalam mendukung petani lokal dan mengembangkan sektor pertanian di Indonesia,” Ujar Beliau.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Herrina Indri Hastuti, S.Pt, M.Si mengungkapkan kebanggaan atas capaian Kelompok Tani Ngudi Slamet dan berharap kerjasama ini dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya, serta apresiasi untuk Rumah Zakat yang sudah ikut mengembangkan kegiatan pertanian.
Kerjasama ini menciptakan sinergi yang positif antara sektor publik dan swasta dalam meningkatkan kesejahteraan petani lokal serta mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Banjarnegara (YN/Tim)