Polres Pacitan Dukung Upaya Pemerintah Menuju Net Zero Emission 2050

Polres Pacitan Dukung Upaya Pemerintah Menuju Net Zero Emission 2050

Newsjatim.com,Pacitan- Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, Polres Pacitan Polda Jatim bersama Pemkab Pacitan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur serta berbagai elemen masyarakat menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Pancer Door pada Selasa (27/6/2024).

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk dukungan penuh dari Polres Pacitan mewujudkan komitmen bersama menuju Net Zero Emission 2050.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, menilai aksi bersih-bersih ini merupakan langkah positif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Menurutnya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Pacitan tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan berkontribusi pada upaya mencapai Net Zero Emission pada tahun 2050.

“Kolaborasi dalam aksi bersih – bersih lingkungan ini dapatr mengedukasi Masyarakat untuk peduli lingan yang bersih menuju Net Zero Emission ” ujar AKBP Agung.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Jempin Marbun yang mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai.

“Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2024 kita Pilih Pacitan sebagai ajang unjuk gigi kebersihan dan contoh untuk kabupaten lain,” terangnya.

Jempin Marbun juga menegaskan komitmen Jawa Timur untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2050, dan kebersihan pantai merupakan salah satu langkah penting untuk mewujudkannya.

Sementara itu, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyambut baik kolaborasi ini dan berharap dapat menjadi contoh bagi kabupaten lain di Jawa Timur.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Mari kita lakukan dengan iklas agar Indonesia Net Zero Emisi,” ujar Indrata Nur Bayuaji.

Kegiatan bersih-bersih berlangsung selama tiga jam dan diikuti oleh sekitar 700 orang. Para peserta membersihkan sampah di sepanjang pantai Pancer Door, mulai dari sampah plastik, botol kaca, hingga kayu.

Selain aksi bersih-bersih, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lain, seperti pertunjukan musik, pembagian doorprize, dan penyerahan penghargaan kepada komunitas yang peduli lingkungan.

Acara yang dimulai pukul 06.30 WIB ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Jempin Marbun, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho, Dandim 0801 Pacitan Letkol Arh. Imam Musahirul, dan Sekretaris Daerah Pacitan Dr. Ir. Heru Wiwoho Supandi.

Sebagai informasi, Net Zero Emission 2050 merupakan target global untuk mencapai emisi gas rumah kaca nol pada tahun 2050. Upaya ini dilakukan untuk mencegah perubahan iklim yang semakin parah.

Bersih-bersih pantai merupakan salah satu langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencapai Net Zero Emission.

Sampah plastik yang terbuang di laut dapat mencemari lingkungan dan membahayakan biota laut.

Selain itu, pengurangan emisi gas buang kendaraan dan penggunaan energi terbarukan juga merupakan langkah penting untuk mencapai Net Zero Emission.

Aksi bersih-bersih pantai di Pacitan merupakan contoh positif dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan mencapai Net Zero Emission 2050. (*)