Peringati Hari Juang Kartika TNI AD Ke 78 Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Donor Darah

Peringati Hari Juang Kartika TNI AD Ke 78 Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Donor Darah

Newsjatim.com,Sukoharjo (12/12/23) Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78 Tahun 2023, Kodim 0726/Sukoharjo menggelar kegiatan Donor Darah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Selasa (12/12/23).

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 Wib bertempat di Aula Makodim 0726/Sukoharjo, diikuti oleh anggota TNI dari Kodim 0726/Sukoharjo, Grup 2 Kopassus Kartasura, Batalyon Mekanis 413/Bremoro, Persit KCK Cab XLVII Dim 0726/Sukoharjo, Anggota Polres Sukoharjo, berbagai Ormas diantaranya Hipakad, FKPPI dan berbagai elemen masyarakat Sukoharjo.

Sebelum dilaksanakan donor darah para peserta menjalani prosedur pemerikasaan kesehatan yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan yang telah standby sejak pagi. Para tenaga medis yang terlibat dalam kegiatan ini adalah para anggota Klinik Pratama Kartika 26 Dim 0726/Sukoharjo dipimpin dr. Nasri dan anggota PMI dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.

Manfaat donor darah adalah dapat membantu menstimulasi produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan setelah dilakukan donor darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru untuk menggantikan darah yang telah berkurang. Darah pun akan tergantikan menjadi darah yang lebih segar dan sehat.

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E mengatakan bahwa Bakti Sosial donor darah ini dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD Ke-78 Tahun 2023 ini merupakan salah satu bentuk implementasi kepedulian Kodim 0726/Sukoharjo dibidang kesehatan khususnya terkait ketersediaan darah di wilayah Kabupaten Sukoharjo, agar dapat digunakan untuk membantu sesamanya.

“Donor darah adalah merupakan gaya hidup sehat, karena setiap kita melakukan donor, maka darah dalam tubuh kita akan tergantikan menjadi darah yang lebih segar dan sehat, selain itu seperti kita ketahui bahwa setiap tetes darah yang kita sumbangan pasti akan sangat bermafaat bagi jiwa orang-orang yang membutuhkan, ini merupakan value dari sisi kemanusiaan yang luar biasa,” ucap Dandim 0726/Sukoharjo.

(Agus Kemplu)