Melalui Diagram, Polres Blitar Kota ajak mahasiswa menjaga Kondusifitas jelang Pemilu 2024

Melalui Diagram, Polres Blitar Kota ajak mahasiswa menjaga Kondusifitas jelang Pemilu 2024

Newsjatim.com,Blitar,06/11/2023,Polres Blitar Kota mengajak para mahasiswa yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar untuk menjaga kondusifitas menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam acara diagram bertempat di Rumah makan Wajawa Jalan Serayu Kota Blitar, Senin (06/11/2023) malam.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K mengatakan bahwa dalam acara bertajuk “Dialog Bersama Mahasiswa” (Diagram) tersebut bertujuan untuk memperkuat komunikasi dengan generasi muda.

“Mahasiswa mempunyai peran yang sangat krusial karena bisa menjadi penyeimbang dan mitra dalam menciptakan kondusifitas menjelang pemilu 2024 ini,” kata AKBP Danang.

Kegiatan Diagram tersebut dihadiri PJU Polres Blitar Kota, KPU dan Bawaslu, selain itu juga berbagai perwakilan mahasiswa dari sejumlah organisasi seperti PMII, GMNI, HMI, IMM, Presbem UNISBA, UNU, UNIPA, Universitas Sang Fajar, STIKEN, dan STIKES

AKBP Danang menjelaskan, para mahasiswa tersebut diharapkan bersama dengan Polres Blitar Kota mampu bersama-sama melawan penyebaran berita hoaks yang menjadi salah satu potensi gangguan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami intinya ingin bersama-sama menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif tidak terjadi perpecahan diantara masyarakat,” tegasnya.

AKBP Danang menambahkan fokus pengamanan tahapan pemilu 2024, mencakup berbagai masalah yang dapat mengganggu proses demokrasi. Ada sejumlah hal yang menjadi perhatian utama jajaran Polres Blitar Kota.

Hal-hal seperti politik identitas, isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA), money politics, dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi perhatian utama dalam mengatasi potensi kerawanan khususnya yang ada di wilayah Hukum Polres Blitar Kota.

Dalam rangka menghadapi potensi gangguan dan gangguan yang mungkin muncul selama tahapan Pemilu 2024, pihak kepolisian telah membentuk tim yang siap bertindak yang bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Polres Blitar Kota siap mengatasi potensi gangguan yang ada bersama dengan TNI yaitu Kodim 0808 dan juga Batalyon 511, Pemerintah Kota Blitar, Pemerintah Kabupaten Blitar serta stekholder terkait,” tuturnya.

Untuk menjaga keamanan selama Pemilu 2024, Polres Blitar Kota akan menurunkan lebih dari 510 personelnya, dibantu 240 TNI dan juga melibatkan 3.154 Linmas.