Lapor Komandan : Tambang Liar Di Kecamatan Gandusari Semakin Marak.

Newsjatimcom//Blitar, Sabtu, 04/11/2023
Maraknya  Tambang  Pasir Liar di wilayah hukum Polres Blitar terkesan Luput Dari Pantauan Aparat Penegak Hukum.

Dari Pantauan tim media ini,Adapun Lokasi Tambang  pasir liar tersebut berada diAliran Bantaran kali Semut, yang tanpa menyadari akan rusaknya alam dan rusaknya jalan dikabupaten Blitar.

Informasi  yang didapat awak media ini, aktivitas tambang liar tersebut dikelola Agus Berru  dkk.

Hal yang biasa terlihat aktivitas tambang pasir liar Di Bantaran Kali Semut Tepatnya diarea Tanggul  di Desa Tejo dan Mbaos, Desa Soso serta Gadungan Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar,

Setiap hari masyarakat sekitar disuguhi pemandangan debu yang bertebaran dan Puluhan Truck Dum yang sedang mengantri untuk  mengangkut meterial tambang pasir liar tersebut.

Adanya tambang Pasir liar di kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar yang terkesan luput dari Pantauan menjadi sorotan DPC BLitar Raya LSM GERAK INDONESIA.

JK ketua Dpc Blitar Raya Lsm Gerak Indonesia mengatakan, Seharusnya Aparat Penegak hukum Polres Blitar segera bertindak tegas kepada pengelola tambang pasir liar di kecamatan Gandusaru,  jangan sampai terkesan tutup mata adanya suatu bentuk pelanggaran dan perusakan alam.

alam pasal 158 UU.No.4 Thn 2009 , tentang Pertambangan Mineral dan Batubara di sebutan“, bahwa setiap orang yang melakukan usaha penambangan, tanpa Izin Usaha Pertambangan ( IUP ), Izin Pertambangan Rakyat ( IPR ), atau Izin Usaha Pertambangan Khusus ( IUPK), dapat di Pidana Hukuman Kurungan Penjara maksimal selam 10 tahun dan Denda paling banyak 10 Milyar.

Ini juga sebagai bahan informasi untuk aparat Penegak hukum segera bertindak tegas ke pelaku penambangan liar di kecamatan Gandusari tegasnya.