Hari Terakhir, Animo Pendaftar Polri di Blitar Tahun Ini Meningkat

Hari Terakhir, Animo Pendaftar Polri di Blitar Tahun Ini Meningkat

Newsjatim.com,Kota Blitar – Pembukaan pendaftaran anggota Polri telah resmi dibuka. Sebagai salah satu tempat pendaftaran, Polres Blitar Kota juga membuka dan membantu pendaftar. Animo pendaftaran online dan verifikasi penerimaan Taruna/Taruni Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri T.A. 2024 di wilayah kota Blitar atau dalam wilayah hukum Polres Blitar Kota menunjukkan peningkatan yang signifikan hingga hari ini, Kamis tanggal 25 April 2024. Polres Blitar Kota melaporkan bahwa minat masyarakat dalam mendaftar secara daring serta melengkapi syarat administratif, termasuk SKCK, sesuai ekspektasi bahkan lebih, hal ini disampaikan pada Rabu (25/04/2024).

Dari data yang tercatat oleh SDM Polres Blitar Kota sebagai panitia penerimaan, total 188 calon yang sudah mendaftar diantaranya terdiri dari 155 pria dan 33 wanita) telah mendaftar secara online untuk menjadi anggota Polri tahun 2024. Mayoritas pendaftar berasal dari kota dan kabupaten Blitar sendiri dan merupakan lulusan sekolah di wilayah tersebut. Tercatat bahwa pendaftar pria mendominasi jumlah pendaftar keseluruhan.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K melalui Kabag SDM Kompol Imron S.H, M.H, mengatakan bahwa, Jumlah pendaftar untuk program Akademi Kepolisian (AKPOL) mencapai 12 orang (9 pria dan 3 wanita) namun yang terverifikasi sebanyak 7 orang, sementara untuk Bintara Polri Tingkat Umum (PTU) sebanyak 164 orang (135 pria dan 29 wanita) dan terverifikasi sebanyak 140 orang. Sedangkan untuk Bakomsus Hukum sebanyak 2 pria, Bintara Kehumasan/Teknologi Informasi (TI), terdapat 1 pendaftar wanita, Bintara Kesehatan terdapat 2 orang, ( 1 pria dan 1 wanita, Bintara Hukum 2 pria, sementara untuk Bintara Pariwisata tidak ada pendaftar yang terverifikasi. Ucapnya.

Kompol Imron menambahkan, untuk program Tamtama, 13 pria mendaftar dan lulus verifikasi awal sebanyak 8 orang. Namun, dari hasil verifikasi secara keseluruhan jumlah calon yang memenuhi syarat administratif mencapai 153 orang (133 pria dan 20 wanita), terangnya.

Untuk mewujudkan transparansi dan moto penerimaan Polri yang Bersih Transparan, Akuntabel dan humanis Selama kegiatan penerimaan melibatkan pengawas internal dari Sipropam dan pengawas external dari LSM Jihad untuk mengawasi kegiatan penerimaan serta melibatkan dari dinas terkait antara lain, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kab/Kota Blitar, Kemenag Kab/Kota Blitar, Dispendukcapil Kab/Kota Blitar, Dinas pendidikan kab/Kota Blitar, untuk pengecekan dan keabsahan dokumen pribadi seperti KK, Akte, KTP, ijazah pendidikan umum.

Dengan animo yang tinggi dari masyarakat kota maupun kabupaten Blitar yang masuk dalam wilayah hukum Polres Blitar Kota, diharapkan proses seleksi dan penerimaan Taruna/Taruni Polri T.A. 2024 dapat menghasilkan kader-kader yang berkualitas dan siap mengabdi dalam Kepolisian Indonesia, tutup Kompol Imron.