Lapor Komandan: Tambang Liar Di Desa Sumberagung-Plosoklaten Luput Dari Pantauan.

 

Newsjatim.com//Kediri,Kamis,23/11/2023 Pertambangan Galian C Liar di Desa Sumberagung Kecamatan Plosoklaten semakin menggeliat rusak alam.

Menjadi Pemandangan biasa hilir mudik truk pengangkut pasir mengangkut hasil galian C
Aktivitas liar tambang galian C tersebut berlangsung cukup lama dan terdapat beberapa titik, sehingga membuat Resah warga sekitar area pertambangan karena jalan menjadi rusak dan berdebu.

Sementara itu R 35th Salah satu warga warga sumberagung dikonfirmasi awak media ini mengatakan katah mas tambang tengmriki ingkang paling ageng nggih Kamplek kaleh karjo (banyak mas tambang disini, terbesar adalah milik Kamplek dan Karjo. Red diterjemahkan dari bahasa jawa).

Dikonfirmasi Melalui sambungan whatssap Kepala Desa Sumberagung terkait ijin pihak desa tidak mengetahui sama sekali, tidak ada tembusan keDesa jelasnya (22/11).

Adanya tambang liar di Desa Sumberagung Plosoklaten Menjadi perhatian tersendiri LSM Gerak Indonesia.

Jemies AC Ketua Satuan Pemuda Gerak Indonesia meminta APH Segera Menindak Tegas dan memberhentikan pertambangan tersebut, apapun dalihnya aktivitas tambang tersebut harus dihentikan karena tak melengkapi perijinan dan berpotensi merusak alam

”Aktifitas ,kegiatan tambang liar disumberagung merupakan salah perbuatan melawan hukum dan dari pantauan kami dilapangan tambang tersebut menggunakan alat berat (Eksavator).

Kami meminta,Proses hukum pelaku Penambangan liar dan Amankan alat berat yang digunakan oleh pelaku penambang liar disumberagung tegasnya.

Sampai berita ini dinaikkan pihak terkait belum bisa dikonfirmasi.