Gelar Minggu Kasih, Polres Blitar Kota Kunjungi Warga Lingkungan Jiwut

Gelar Minggu Kasih, Polres Blitar Kota Kunjungi Warga Lingkungan Jiwut

Newsjatim.com,29/10/2023,Blitar Kota – Minggu Kasih merupakan kegiatan tatap muka sekaligus dialogis aparat kepolisian dengan masyarakat yang dilakukan pada hari libur. Polres Blitar Kota menggelar kegiatan Minggu Kasih. Kali ini, kegiatan dilaksanakan di salah satu rumah warga di lingkungan desa Jiwut kecamatan Nglegok kabupaten Blitar, Minggu (29/10/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kbo sat Binmas Iptu H. M. Ali Sukron, SH yang didampingi anggotanya diterima dengan baik oleh warga lingkungan Jiwut.

“Kegiatan Minggu Kasih merupakan pengembangan dari Jum’at Curhat, dimana hal itu merupakan program Polri dalam menyerap aspirasi masyarakat mengenai situasi Kamtibmas setempat dan pelayanan kepolisian kepada masyarakat” kata Iptu Ali.

“Jadi Minggu Kasih ini sama halnya dengan Jum’at Curhat, yaitu program kepolisian menyambangi warga untuk mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai situasi Kamtibmas di wilayah tersebut,” ujarnya.

Selain itu, program ini juga untuk menyerap aspirasi, saran, maupun kritik dari warga dalam memajukan Polri dalam bertugas memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dikatakannya juga, Kegiatan Minggu Kasih dilaksanakan sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi Polres Blitar Kota dengan masyarakat baik itu di rumah ataupun tempat ibadah khususnya namun tidak menutup kemungkinan juga berdialog dengan masyarakat untuk mengkomunikasikan berbagai permasalahan sosial yang dihadapi oleh pihak gereja maupun jemaat serta masyarakat umum dalam rangka membina kerukunan umat beragama maupun antar umat beragama maupun warga untuk mewujudkan kondusifitas wilayah dalam bingkai Kebhinekaan ditengah keberagaman Suku, Bangsa dan agama,” ungkap Iptu M. Ali.

“Disini kami dari kepolisian mengajak bapak ibu saudara-saudara sekalian untuk bersinergi dalam menjaga keamanan dan kerukunan ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Iptu Ali menjelaskan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya tugas dari pihak kepolisian, melainkan tugas dari semua komponen masyarakat.

“Untuk itu kami memerlukan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga kamtibmas. Kami juga telah menyebar Call Center 110 untuk memudahkan masyarakat melapor ke pihak kepolisian apabila terjadi gangguan Kamtibmas. Harapannya dengan Call Center ini masyarakat tidak segan untuk menginformasikan kepada Polri dalam kaitan menjaga keamanan wilayah,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga sebut saja bapak Komar mengucapkan terimaksih kepada Kepolisian khusunya Polres Blitar Kota beserta jajarannya yang telah berkunjung serta atas perhatiannya, selama ini komunikasi dengan aparat kepolisian sudah terjalin dengan baik dan Kegiatan Minggu Kasih ini menurutnya dapat mempererat sinergitas antara masyarakat dan Kepolisian.