Diduga Adanya Pembiaran Tambang Galian C Liar Gunakan Alat Berat Di Desa Soso dan Gadungan Gandusari.

Lapor Pak Kapolres-Lapor Pak Kapolda.

Newsjatim.com//Blitar, Jum’at 13/10/2023 Maraknya aktivitas kegiatan tambang galian C didug menjadi sumber mata pencaharian pengusaha nakal tanpa mengantongi ijin resmi.

Hal itu tampak dari menjamurnya Tambang Galian C Ilegal yang yang beroperasi di Desa Soso dan Gadungan Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

Sementara itu, isti 28th ( nama samaran -Red) mengatakan, keberadaan kegiatan galian C dengan menggunakan alat berat cukup lama beroperasi, jalan jalan menjadi rusak jelasnya singkat.

Sementara itu Zaenal Colis DLH Kabupaten Blitar dikonfirmasi awak media ini melalui pesa whatssap Terkait pertambangan kewenangan perijinan maupun pengawasan terendah ada di propinsi dan pusat,mungkin sementara itu yang bisa kami sampaikan.

Kita sudah meneruskan laporan pengaduan masyarakat terkait illegal mining ke propinsi
Terakhir kami mengirim dan meneruskan aduan masyarakat tgl 03 Oktober 2023, sampai saat ini DLH Kabupaten Blitar belum mendapatkan informasi tindak lanjutnya jelasnya melaluin sambungan whatssap.

Hasil penggalian informasi awak media ini di lokasi tambang DiDesa Soso dan Di Desa Gadungan Gandusari tampak puluhan Dum Truk sedang mengantri menunggu giliran masuk untuk mengangkut material tambang galian C serta eksavator (bego) sedang beraktivitas tanpa adanya rasa ketakutan disergap Aparat Penegak Hukum Polres Blitar.

Di tempat terpisah,  Ibnu Abbas seorang  tokoh Kepemudaan Jawa Timur sangat menyayangkan atas  praktek penambangan (galian C) yang diduga ilegal di wilayah Kabupaten Blitar Tersebut.

“Penambangan tersebut jelas merusak alam. Kami minta agar dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kabupaten Blitar dan Aparatur Penegak Hukum (APH) Polres Blitar dapat bersikap tegas untuk menindak lanjuti informasi ini, dan jangan seolah-olah  tidak melihat  dan menutup  mata adanya  penambangan Galian C tersebut.

Kami akan berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum Polda Jatim apabila tidak ada tindakan tegas dari aparat Penegak Hukum Polres Blitar tegasnya

Sampai berita ini dinaikkan dimedia ini pihak terkait belum bisa dikonfirmasi.