Opini  

Dari Pengamatan LSM Gerak Indonesia Mencium Banyaknya Calo Berkas di Samsat Kota Kediri

Dari Pengamatan LSM Gerak Indonesia Mencium Banyaknya Calo Berkas di Samsat Kota Kediri

Newsjatim.com,Kediri 06/10/2023,Dari Pengamatan tim LSM Gerak Indonesia mencium banyaknya calo berkas di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat Kota Kediri)

Agar masyarakat paham sebenarnya One-stop Administration Services Office, adalah suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung. Contoh dari Samsat Kota Kediri adalah dalam pengurusan dokumen kendaraan bermotor, (roda dua maupun roda empat)

Seharusnya Samsat mempercepat dan memperlancar kepentingan pengurusan dokumen kendaraan bermotor serta pembayaran Pajak Kendaraan bermotor.

Akan tetapi sangatlah disayangkan diduga masih marak terjadinya praktek calo-calo atau biro jasa yang arahnya ke ranah pungutan liar (pungli) yang jelas-jelas menjadi atensi Kapolri untuk di bersihkan atau di berantas.

Jemies AC. Kepala Bidang Penegakan Hukum LSM Gerak Indonesia saat dikonfirmasi wartawan geraknews.com sangat prihatin dengan keadaan yang ada di Samsat Kota Kediri.

Calo berkas terlihat beroperasi mondar mandir menawarkan kemudahan pengurusan surat kendaraan bermotor, sehingga wajib pajak yang hendak mengurus surat bermotornya tidak lagi repot mondar mandir, dengan membayar sejumlah uang, wajib pajak cukup duduk nunggu selesai dokumen yang dikerjakan oleh para penjaja jasa.

Jemies“ menegaskan tim kami akan terus mengumpulkan informasi temuan kami ini, pasalnya hal ini sama halnya membuat citra buruk samsat Kota Kediri “Kalau tidak ada pembenahan kami akan melayangkan surat cinta keinstansi terkait.

Informasi dari kami,semoga bisa menjadi evaluasi Samsat Kota Kediri agar berbenah menjadi lebih baik, sehingga pendapatan negara dari sektor pajak meningkat tegas Jemies.